5 Cara agar Kamu Bisa Konsisten Capai Tujuan!

Sama-sama kita sepakati bahwa dalam memperjuangkan suatu mimpi, tujuan, ataupun rencana tentu harus melewati beberapa proses. Pada setiap orang memiliki jalan yang berbeda-beda. Artinya, tidak ada satupun manusia yang memiliki garis ‘start’ dan ‘finish’ yang sama. Kalaupun tujuannya sama, misalnya kamu mau menjadi seorang Polisi. Nah, mulai dari niat menjadi Polisi, cara berjuang untuk menjadi Polisi, kapan dapat kesempatannya, dan cara menjaga amanat tersebut pun berbeda bagi setiap orang. Tidak lupa, bagi seorang Muslim percaya bahwa kita akan mendapatkan balasan dari Allah Ta’ala sesuai dengan apa yang kita niatkan dan kerjakan. Faktor terpenting jika kamu mau meraih pencapaian yang kamu rencanakan ialah dengan memiliki sikap konsisten.

Berikut ada 5 cara agar kamu bisa konsisten:

1. Hindari multitasking

Multitasking, productive

Mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan bisa menyebabkan seseorang jadi tidak fokus. Bahkan, bisa jadi kamu tidak menyelesaikan pekerjaan apapun secara maksimal. Setelah itu kamu merasa sangat kelelahan dan kewalahan. Kondisi ini disebut degan burnout.

Namun, memang di beberapa keadaan kamu harus melakukan multitasking. Perhatikanlah kapasitas dirimu dan jangan sungkan untuk minta bantuan orang lain jika membutuhkan.

2. Buat rencana dan tujuan yang spesifik

Susunlah rencana satu per satu dalam mencapai tujuanmu. Namun, sebelum menetapkan apa saja rencananya maka kamu harus menetapkan tujuan yang spesifik. Hal ini agar kamu mudah untuk menulis apa saja yang akan kamu rencanakan supaya dapat mencapai tujuan tersebut.

Dalam menetapkan beberapa rencana, tetapkanlah rencana yang realistis. Maksudnya adalah pada awal buatlah rencana dengan langkah kecil dahulu. Buat yang sekiranya sanggup kamu lakuakan secara konsisten. Jangan buat rencana yang terlalu sulit untuk kamu lakukan sehingga kamu jadinya malas melanjutkan. Tujuan memulai dengan langkah kecil dahulu ialah agar kamu terbiasa serta bisa perlahan beradaptasi dengan hal baru.

3. Tentukan ‘strong why’ kamu

Salah satu bagian dari perjuanganmu yang penting ialah kamu punya strong why. Saat kamu sudah memiliki itu, maka kamu bisa terus berpacu untuk tetap mengusahakan tercapainya suatu tujuan. Umumnya, manusia tidak mau merugi ketika menetapkan suatu keputusan.

Hal ini bisa kamu implementasikan ketika menetapkan tujuan kamu bekerja. Sebagai seorang Muslim, bekerjalah karena mau melanjutkan hidup yang Allah beri. Kemudian, hidup itu hanya untuk beribadah kepada Allah. Kebayangkan untungnya jadi seorang Muslim? Bekerja tetapi mendapatkan pahala dari Allah. Maka, bekerjalah dengan ikhlas, syukur, semangat dan miliki niat yang benar.

4. Punya komitmen dan Disiplin

Komitmen bisa diartikan sebagai sikap bertanggung jawab terhadap keputusan yang sudah kamu ambil. Bagaimana kamu menjalani dan menyelesaikan apa yang kamu perjuangkan. Ketika kamu sudah bertekad untuk memegang komitmenmu maka sikap yang harus dimiliki selanjutnya yaitu disiplin. Adanya komitmen tanpa disiplin maka kamu akan mudah untuk melepaskan komitmen yang sudah kamu buat.

5. Sabar

Poin terakhir ini yang paling penting. Ketika kamu tengah berjuang dalam proses menuju tujuan capaianmu, kamu akan menemui berbagai tantangan, keberhasilan, kegagalan, pengalaman dan tawaran di setiap jalannya. Terkadang kamu merasa prosesnya diam di tempat, lama menemui hasilnya atau bahkan gagal berkali-kali. Sampai pada titik kamu tak mau lagi melanjutkan perjuanganmu.

Maka dari itu, bersabarlah terhadap proses perjuangan yang kamu jalani. Karena apa? Kamu tidak tahu pada percobaan yang keberapa akhirnya kamu bisa berhasil. Tak sampai disitu, bahkan keberhasilan itu bisa bikin kamu melupakan berbagai kegagalan yang sebelumnya kamu rasakan. Kamu memang tidak tahu apakah usaha yang kamu lakukan hari ini akan berhasil atau tidak. Namun, tidak mengapa cobalah terus. Jika kamu tidak mencoba atau tidak melakukan apapun, itulah yang disebut gagal.

Selamat berjuang!


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *