5 Hal yang Bikin Kamu Insecure dan Cara Mengatasinya!

Dalam menghadapi keputusan hidup, kamu kadang merasa kurang percaya diri atas kemampuan yang kamu miliki. Kamu merasa dari awal tidak akan mampu untuk mendapatkannya. Ketika kamu menjadi seorang pemula, maka kamu merasa akan sangat berat jika mau menjadi seorang expert.

Padahal seorang expert pun awalnya adalah seorang pemula yang mau berusaha dan berjuang. Hal ini adalah salah satu hambatan yang bikin kamu ragu-ragu bahkan gak jadi ambil suatu keputusan. Selain ragu-ragu kamu juga jadi takut mengambil keputusan karena merasa kalau keputusan tersebut salah.

Berikut 5 hal yang bikin kamu insecure dan cara mengatasinya:

1. Tidak Menetapkan Tujuan dan Prinsip yang Jelas

Tujuan dan Prinsip Hidup

Kamu tidak tahu dengan jelas kenapa kamu berjuang. Jika kamu tidak menetapkan tujuan dan prinsip dengan jelas, maka kamu akan plin-plan dalam mengambil tindakan. Kamu akan terombang-ambing ketika ada omongan orang lain yang mempengaruhi tindakanmu. Tujuan dan prinsip hidup menjadi suatu hal yang kamu pikir tidaklah penting dalam perjuanganmu.

2. Mengalami Kegagalan

Failure

Ketika kamu mengalami kegagalan, kamu cenderung menyalahkan diri sendiri dan menganggap hal tersebut merupakan aib yang memalukan. Gagal bikin kamu takut untuk mencoba lagi dan lebih memilih untuk menunda-nunda atau bahkan berhenti berjuang.

3. Perkataan Negatif Orang Lain yang Tidak Membangun

Manusia sebagai makhluk sosial akan melakukan interasi sosial dalam kehidupan. Interaksi yang dibangun tentu tidak hanya berdampak positif, tapi ada juga yang berdampak negatif. Pasti ada manusia yang tidak suka dengan keputusan hidupmu atau bahkan berusaha untuk ikut campur. Kalau kamu overthinking dengan perkataan negatif orang lain, maka kamu akan semakin buram dengan keputusan hidupmu sendiri.

4. Perfeksionis

Kamu menganggap segala sesuatu harus berjalan sesuai dengan apa yang kamu kerjakan. Tidak boleh ada satupun hal yang terlewatkan atau keliru. Kamu melihat ketidaksempurnaan itu menjadi suatu hal yang sangat mengganggu. Sehingga kamu lebih memilih menyalahkan diri sendiri dan menunda-nunda suatu tindakan. Hal ini tentu akan merugikanmu karena rencana yang kamu tetapkan diawal akan mulai berantakan dan akhirnya malah kamu tidak jadi melakukan apapun.

5. Kecemasan Sosial

Anxiety

Kamu merasa cemas dengan perkataan orang lain atas pilihan hidupmu. Kamu cemas karena mengambil pilihan hidup yang berbeda dari orang lain. Cemas dengan keputusan hidup yang kamu ambil apakah akan berhasil atau gagal. Jika sudah begitu, kamu jadi cemas dengan masa depanmu akan menjadi seperti apa dan kamu jadi seorang yang pesimis. Mulai tidak tahu apakah harus tetap melanjutkan perjuangan atau berhenti. Menjadikan pendapat orang lain sebagai patokan utama dalam bertindak.

Setelah membaca beberapa penyebab kamu insecure. Kamu mulai merasakannya dan menerima perasaan tersebut. Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mengambil tindakan bijak agar rasa insecuremu tidak merugikanmu. Ini dia cara mengatasinya!

Insecure, self negative talk

Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *